Friday, October 1, 2010

Masjid Ahmadiyah Juga Dibakar Massa


Masjid Ahmadiyah Juga Dibakar Massa
Kekerasan atas nama agama terhadap warga Ahmadiyah di Desa Cisalada, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jumat (1/10/2010) malam, digambarkan berlangsung mengerikan.
Mereka masuk ke rumah saya, memecahkan kaca jendela, dan mengobrak-abrik lemari.
-- Yusuf Karim, warga Ahmadiyah

Menurut seorang saksi mata yang ditemui di lokasi kejadian, Yusuf Karim, penyerangan dan pembakaran terjadi setelah isya atau sekitar pukul 20.00 WIB.

"Saya di dalam rumah, tiba-tiba terdengar ada orang yang menggedor-gedor pagar rumah saya," kata Yusuf, yang juga warga Ahmadiyah itu. Sebagian massa yang datang itu kemudian menuju masjid dan membakarnya.

Rumah Yusuf tidak dibakar, tetapi sekelompok orang masuk dan mengobrak-abrik rumahnya. "Mereka masuk ke rumah saya, memecahkan kaca jendela, dan mengobrak-abrik lemari," ujarnya.

Pantauan dari lokasi, tampak dua rumah dan satu masjid hangus dibakar oleh massa yang berjumlah sekitar 1.000 orang itu. Pemadam kebakaran datang dan mencoba memadamkan api, tetapi melihat situasi yang kurang aman, mereka pergi lagi.(kompas.com)

Kapolda Jabar Tinjau Lokasi Penyerangan Ahmadiyah


BOGOR - Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Sutarman mendatangi lokasi kerusuhan di perkampungan Ahmadiyah, Cisalada, Desa Ciampea Udik, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (2/10/2010) dini hari.

Menurut Kapolda, insiden penyerangan yang berbuntut pembakaran masjid serta pemukiman penduduk itu dipicu oleh hal sepele, yakni ada warga di luar perkampungan Ahmadiyah yang di tusuk.

Akibatnya warga berang dan menyerang perkampungan Ahmadiyah. "Untuk pelaku penusukan sudah diketahui ciri cirinya," ujar Kapolda.

Menyoal insiden kekerasan terkesan masuk ke ranah SARA ini, menurut Sutarman, dalam waktu dekat pihaknya akan mengumpulkan para tokoh masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan itu.

Selain itu kapolda juga meminta agar Pemkab Bogor mengkaji kebijakan tentang Ahmadiyah yang ada di Bogor.

Diketahui, Jumat malam sekira pukul 20.30 WIB, ribuan warga tiba-tiba menyerang Kampung Cisalada dan membakar lima rumah, satu mobil dan satu motor.

Warga Ahmadiyah, terutama Ibu-ibu, yang dikepung massa banyak yang menangis histeris menyaksikan rumah dan tempat ibadah mereka dibakar.
(Endang Gunawan/Global/ded)

No comments:

Post a Comment

Quality advertising. Big traffic. Increase sales. Promote your website. Advertise your product to shoppers.
Related Posts with Thumbnails
Related Posts with Thumbnails